Background Image

Tentang KBFP


TENTANG KADER BANGSA FELLOWSHIP PROGRAM

Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) adalah sebuah program eksklusif pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan untuk anak-anak muda seluruh Indonesia. KBFP merupakan inisiatif bersama masyarakat sipil, swasta dan unsur pemerintah untuk memastikan regenerasi kepemimpinan sekaligus terjaganya komitmen kebangsaan pada calon-calon pemimpin masa depan.
Sejak tahun 2011, KBFP telah mencetak lima angkatan kader bangsa yang kini telah berkiprah menjadi pemimpin komunitas serta pemimpin di sejumlah institusi di daerah sampai di tingkat nasional. Mereka telah menjadi opinion leaders yang berpengaruh dan menjadi teladan di lingkungannya masing-masing. Peserta dan alumni KBFP berasal dari Aceh sampai Papua, terdiri dari pelbagai suku, etnis dan agama, serta latar belakang profesi publik yang beragam: mulai dari akademisi, jurnalis, birokrasi, aktivis, peneliti, pegiat komunitas kreatif, budayawan, santri dan pemimpin pesantren, pemimpin organisasi masyarakat, perwira muda di institusi TNI dan Polri, serta wirausaha muda/entrepreneur.
KBFP telah membuktikan diri sebagai pionir dalam merajut kebersamaan dan kerja sama dalam sebuah setting masyarakat majemuk sebagaimana Indonesia. Para pemimpin muda alumni KBFP kemudian saling membangun jaringan berskala nasional yang bernilai strategis dalam mendorong isu-isu perubahan. KBFP berada di garda depan mendorong keterlibatan anak muda, menjaga kohesi, membangun kehidupan publik yang bersih dan anti korupsi, menjaga independensi, kapasitas dan integritas, memelihara keberagaman, melawan radikalisme sekaligus membangun bangsa melalui inistiatif-inisiatif mandiri.
Tokoh nasional yang pernah berkolaborasi sebagai mentor dan narasumber program KBFP antara lain: Ir. H. Joko Widodo, Prof. Dr. Mahfud MD, Garin Nugroho, Dr Yudi Latif, Dr Sukardi Rinakit, Jend. TNI Purn. Luhut B. Pandjaitan, Letjen TNI Purn. Agus Widjojo, Dr. Muslim Abdurahman (alm.), Khofifah Indar Parawansa, Ir. H. Aburizal Bakrie, Prof. Dr Kacung Marijan, Dimas Oky Nugroho Ph.D, Dr J Kristiadi dan Airlangga Hartanto, Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto.

PELAKSANAAN KBFP

Angkatan I : Jakarta, 2011
Angkatan II : Jakarta, Maret 2012
Angkatan III : Yogyakarta, Juli 2012
Angkatan IV : Solo, September 2012
Angkatan V : Jakarta, April 2013
Angkatan VI : Jakarta, 30 Juli - 5 Agustus 2017
Angkatan VII : Jakarta, 7 – 11 Februari 2018
Angkatan VIII : Jakarta, 1 – 5 Oktober 2018 (Coming Soon)